WAJIB HANDAL DALAM PENGUASAAN TROUBLESHOOTING
Untuk handal dalam pemecahan masalah atau troubleshooting IT support, ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu kita pelajari:
1. Identifikasi Masalah Secara dalam:
- Perdalam Info dari User: Mengidentifikasi permasalahan dan mengumpulkan informasi dari user untuk memahami masalah
2. Menganalisa Masalah:
- Mengembangkan Hipotesis: Pengembangan hipotesis penyebab utama dari masalah berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai pihak, baik user ataupun team support/rekan kerja yang pernah mengalami nya.
3. Mengimplementasikan Solusi secara baik:
- Mencoba untuk Troubleshoot secara mandiri: Mencoba solusi berdasarkan hipotesis yang sudah dikembangkan sebelum nya
- Verifikasi Solusi: Memastikan bahwa solusi yang diterapkan sudah pernah berhasil dalam menyelesaikan masalah
4. Dokumentasi:
- Membuat dokumentasi Permasalahan dan Solusi nya: Mendokumentasikan masalah dan solusi yang diterapkan untuk referensi di masa mendatang jika terjadi lagi\
5. Keterampilan Teknis:
- Pengetahuan Tentang Hardware: Memahami perangkat keras beserta komponen nya serta cara memperbaikinya, bisa melalui pengalaman orang lain ataupun pengalaman sendiri.
- Pengetahuan Software: Menguasai System Operation, aplikasi, dan software lain yang digunakan dalam organisasi atau perusahaan
- Pengetahuan Jaringan: Memahami dasar-dasar jaringan komputer dan cara mengatasi masalah jaringan
6. Keterampilan Komunikasi:
- Berinteraksi dengan Pengguna: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna secara baik untuk mengumpulkan informasi dan memberikan solusi melalui secara bertahap atau langsung
- Menjelaskan Solusi: Menjelaskan solusi dengan cara yang mudah dipahami oleh pengguna dengan bahasa yang mudah di mengerti
Komentar
Posting Komentar