WAJIB HANDAL DALAM PENGUASAAN TROUBLESHOOTING

Untuk handal dalam pemecahan masalah atau troubleshooting IT support, ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu kita pelajari:

1. Identifikasi Masalah Secara dalam:

   - Perdalam Info dari User: Mengidentifikasi permasalahan dan mengumpulkan informasi dari user untuk memahami masalah

2. Menganalisa Masalah:

   - Mengembangkan Hipotesis: Pengembangan hipotesis penyebab utama dari masalah berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai pihak, baik user ataupun team support/rekan kerja yang pernah mengalami nya.


3. Mengimplementasikan Solusi secara baik:

   - Mencoba untuk Troubleshoot secara mandiri: Mencoba solusi berdasarkan hipotesis yang sudah dikembangkan sebelum nya

   - Verifikasi Solusi: Memastikan bahwa solusi yang diterapkan sudah pernah berhasil dalam menyelesaikan masalah

4. Dokumentasi:

   - Membuat dokumentasi Permasalahan dan Solusi nya: Mendokumentasikan masalah dan solusi yang diterapkan untuk referensi di masa mendatang jika terjadi lagi\

5. Keterampilan Teknis:

   - Pengetahuan Tentang Hardware: Memahami perangkat keras beserta komponen nya serta cara memperbaikinya, bisa melalui pengalaman orang lain ataupun pengalaman sendiri.

   - Pengetahuan Software: Menguasai System Operation, aplikasi, dan software lain yang digunakan dalam organisasi atau perusahaan

   - Pengetahuan Jaringan: Memahami dasar-dasar jaringan komputer dan cara mengatasi masalah jaringan


6. Keterampilan Komunikasi:

   - Berinteraksi dengan Pengguna: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna secara baik untuk mengumpulkan informasi dan memberikan solusi melalui secara bertahap atau langsung

   - Menjelaskan Solusi: Menjelaskan solusi dengan cara yang mudah dipahami oleh pengguna dengan bahasa yang mudah di mengerti


Komentar

Postingan Populer